Search This Blog

Sunday, September 1, 2019

Rumus iklan persuasi Aristoteles

Rumus iklan persuasi Aristoteles



Manusia bertindak karena ada alasan yang memotivasi di dalam dirinya. Setidaknya ada 2 cara untuk mendorong orang melakukan tindakan. Tindakan tersebut ialah rasa sakit dan rasa senang.

Seseorang melakukan sebuah tindakan biasanya untuk mengejar kesenangan, kebahagiaan, keuntungan dan lain sebagainya. Ini biasanya diistilahkan dengan "TOWARD".

Selain itu, seseorang melakukan tindakan juga bisa disebabkan karena menghindari penderitaan, kesedihan, kerugian, dan sebagainya. Ini disebut sebagai "AWAY".

Dan ternyata yang paling besar pengaruhnya yaitu away daripada toward. Lebih besar dorongan seseorang untuk menghindari rasa sakit, daripada mengejar rasa senang.

Ada sebuah strategi persuasi yang berusia sekitar 2.500 tahun dan berasal dari masa Aristoteles serta orang Yunani kuno. Rumus yang diberikan oleh Aristoteles tersebut ialah :

1. Exordium
Buatlah peryataan mengejutkan atau paparkan sebuah cerita untuk menarik perhatian.

2. Narratio
Ajukan persoalan yang dihadapi prospek

3. Confirmation
Tawarkan solusi atas persoalan tersebut

4. Peroratio
Jelaskan tentang manfaat yang didapatkan jika melakukan atau memakai solusi tersebut

Jika diperhatikan, rumus tersebut mirip dengan rumus AIDA : Atention (perhatian), Interest (Minat), Desire (hasrat), Action (tindakan).

Secara singkat, jika disederhanakan, rumus Aristoteles tersebut jika diaplikasikan di zaman sekarang ialah :

1. Persoalan
2. Janji
3. Bukti
4. Harga

Jika Anda bisa mengaplikasikan rumus ini dalam kalimat penawaran Anda, maka kemungkinan besar prospek Anda akan lebih mudah untuk Anda persuasi.

Demikian, semoga bermanfaat..

No comments: